Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) mendominasi perolehan medali kontingen Universitas Brawijaya (UB) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) XXIX yang berlangsung di Institut Pertanian Bogor (IPB) selama empat hari (08-11/8/2016) dengan total raihan empat emas, dua perak dan satu perunggu.  Adapun rincian medali yang berhasil dibawa pulang FTP adalah  tiga emas, satu perak dan satu perunggu pada kategori presentasi serta satu emas dan satu perak pada kategori poster.

Tiga emas kategori presentasi ini berhasil diraih oleh ketiga tim PKM-KC FTP (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta). Ketiga PKM KC tersebut adalah SAFARI OS-002 (Smart Farm Technology) Alat Penyerap Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) pada Kandang Ayam dalam Mewujudkan Eco Green Technology karya Ashva Avkarina (TIP 2013) bimbingan Shinta Rosalia Dewi, S.Si. M.Sc., F-Ray (Fruit Spoilage Delay) Inovasi Alat Preservasi Berbasis Automatic ECO-CUMCO (Edible Coating and Vacuum Cooling) sebagai Upaya Memperpanjang Umur Simpan Buah Segar Guna Meningkatkan Kualitas Buah Lokal karya Fadli Yudha Bhakti (THP 2014) bimbingan Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc. Ph.D. serta TOTAL FLEX (Automatic Auto Food Color Extractor) ; Rancang Bangun Mesin Ekstraksi Perwarna Alami Berbasis Electroconductive Heating sebagai Upaya Mewujudkan Gerakan Keamanan Pangan Nasional karya Bima Adinugraha (TEP 2013) bimbingan Yusron Sugirato, STP. MP. M.Sc.

Sementara itu tim OC-CYCLE DEVIL (Octane Cycle Concept of Independent Village) ; Pengambangan Desa Mandiri Pangan dan Energi Berbasis Zero Waste di Desa Argosari sebagai Upaya Mendukung Gerakan Pembangunan Desa Semesta Nasional karya Musyaroh (TIP 2013) bimbingan Dewi Maya Maharani, STP. M.Sc. pada bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) berhasil membawa pulang perunggu di kategori presentasi.

Salah satu yang cukup membanggakan adalah tim G-WARS (Grey Water Recycle System) ; Rancang Bangun Teknologi Daur Ulang Limbah Domestik sebagai Solusi Penyediaan Air Bersih yang Berkelanjutan karya M. Reza Firmansyah (TEP 2012) bimbingan Angga Dheta Shirajuddin, S.Si. M.S.i., pada PKM KC berhasil menggondol dua perak sekaligus yaitu pada kategori poster dan presentasi.

Tak cukup hanya itu, tim FTP juga berhasil meraih satu emas poster oleh RaPDe (Rapid Pesticide Detector) ; Inovasi Detektor Pestisida pada Sayuran yang Cepat, Praktis dan Eco-Friendly karya Ratyawisnu Fahmiaji Winarto (THP 2012) bimbingan Sudarma Dita W, STP. M.Sc. MP.

Menanggapi prestasi mahasiswanya yang sejak tahun lalu berhasil mempertahankan tradisi sebagai penyumbang emas terbanyak universitas di ajang prestisius PIMNAS, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc. Ph.D. berkata, “Syukur alhamdulillah atas karunia Tuhan YME kepada FTP tercinta. Saya selaku wakil dekan tiga, mengucapkan selamat kepada para punggawa FTP-UB atas keberhasilannya yang sekali lagi menorehkan tinta emas membawa UB menjadi juara umum PIMNAS 29 di Bogor. Saya sangat bangga. Salut atas kerja keras kalian. Semoga bisa menjadi contoh adik adik kelas lainnya. Saya akui memang adik adik di FTP memiliki jiwa dan semangat untuk terus menjadi juara. Satu Komando FTP Solid,” ujarnya.

UB sendiri berhasil menjuarai  PIMNAS XXIX dengan raihan sepuluh medali emas, tujuh medali perak, dan enam medali perunggu . Sementara posisi kedua diraih oleh Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan perolehan sembilan emas, lima perak, dan enam perunggu. Posisi ketiga diraih oleh Universitas Airlangga dengan perolehan medali delapan emas, tiga perak, dan dua perunggu.

agencywordpress themes